Survey LPPM IKA MUDA UNPAD Prabowo Gibran Kuasai Kabupaten Garut berpotensi menguasai Wilayah Priangan Timur

 

LPPM IKA MUDA UNPAD kembali mengadakan survey di daerah kabupaten garut periode 19 – 24 Desember 2023 terhadap 1000 responden dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin error 3,16 persen. Kabupaten Garut Sebagai pintu gerbang dari priangan timur menjadi salah satu kunci kemenangan di Jawa Barat.

Melihat komposisi hasil pemilu presiden 2019 Berdasarkan data yang dihimpun, pasangan 02 Prabowo – Sandi menang di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Garut yang berjumlah 42. Pasangan yang diusung partai Gerindra, PAN, Demokrat, Berkarya, dan PKS itu mendapatkan suara 1.068.444 atau 72,16 persen, sedangkan 01 Jokowi – Maruf Amin mendapatkan 412.136 suara atau 27,84 persen dari 1.525.728 pemilih di Garut. Dari data ini kita dapat melihat bahwa suara Prabowo sangat mendominasi di Kabupaten Garut.

LPPM IKA Muda UNPAD melakukan survey secara independen mendapati hasil dari survey Kabupaten Garut dengan 1000 responden hasilnya adalah pasangan no urut 1 Anis Baswedan dan Muhaimin Iskandar mendapatkan 18 Persen,pasangan no urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming mendapatkan 42 Persen, dan Pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sebesar 15 persen dan yang tidak menjawab atau belum menentukan pilihan sebanyak 25 persen.

Melihat data survey tersebut hampir praktis Kabupaten Garut sebagai pintu gerbang priangan timur akan diprediksi dikuasi oleh pasangan calon Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming. Akan tetapi pasangan calon presiden dan wakil presiden lainnya masih berkesempatan untuk meraih dukungan lebih banyak lagi dikarenakan masih banyaknya responden warga yang belum mau menjawab pilihan mereka, dan masih banyak juga yang menunggu sosialisasi dari pasangan calon dan menunggu rangkaian debat capres dan cawapres usai.

Melihat hasil survey yang memenangkan Prabowo Gibran di hasil survey kami untuk di Kabupaten Garut,meihat data ini kemungkinan wilayah priangan timur akan dikuasai oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming meliputi wilayah,kabupaten garut,kabupaten tasikmalaya, kabupaten ciamis dan kota tasikmalaya. Akan tetapi kami baru melakukan survei untuk kabupaten garut saja, sehingga dugaan kami di kabupaten tasikmalaya, kota tasikmalaya dan kabupaten ciamis belum tentu benar.akan tetapi dapat menjadi gambaran bahwa membaca hasil pilpres di pemilu 2019 untuk wilayah priangan timur paslon presiden Prabowo Sandi memenangkan wilayah tersebut, ada kemungkinan di pemilu 2024 pak prabowo subianto mendominasi perolehan suara di pemilu 2024.

Akan tetapi melihat 58 Hari Lagi masih banyak waktu untuk meyakinkan pemilih untukmemilih paslon tertentu sehingga, tim sukses dapat dengan giat melakukan penetrasi ke basis suara kedepannya. Dihubungi lewat sambungan telepon Kang Fuad Ketua IKA MUDA UNPAD mengatakan bahwa hasil survey yang berbeda-beda di tiap wilayah adalah hal yang biasa, akan tetapi kita harus melihat hikmah di balik survey tersebut bahwa kami harus lebih gencar lagi mensosialisasikan Bapak H. Ganjar Pranowo sebagai Anggota Kehormatan IKA MUDA UNPAD yang penetapannya menjadikan rakyat jawa barat ikut andil atau memiliki bapak H. Ganjar Pranowo sebagai suatu keluarga besar tandas kang fuad.

Berita Terkait